Berita

Berita Publik

PERPUSTAKAAN PIP SEMARANG KUNJUNGAN STUDI BANDING KE PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG

PERPUSTAKAAN PIP SEMARANG KUNJUNGAN STUDI BANDING  KE PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG

Pada tanggal 12 Juli 2018, PIP Semarang melakukan kunjungan studi banding ke perpustakaan Universitas Brawijaya Malang. Rombongan berjumlah 10 orang terdiri dari Kasubbag Keuangan,


Kepala Divisi Pengembangan Usaha, Kepala Unit Perpustakaan dan Penerbitan, Kepala Unit Bahasa, dan para pelaksana Subbagian Keuangan. diterima langsung oleh Koordinator Bidang Pengembangan dan Kerjasama Ibu Suprihati. Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang diterima di Ruang  Pertemuan 1 dengan dihadiri oleh para Koordinator Bidang dan Pustakawan Senior.Kepala Perpustakaan UB saat itu tidak ada di tempat karena ada agenda acara di luar kota. 

PIP Semarang melakukan sharing beberapa hal penting mengenai pengembangan layanan perpustakaan.  Perpustakaan UB memiliki 68.152 judul buku dan 131.050 e journal. Layanan yang ada telah dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi informasi meliputi : otomasi perpustakaan, aplikasi android (mobile) dan repository UB. Pengembangan aplikasi android dengan go green, dengan notifikasi melalui handphone. Integrasi data mahasiswa dengan Sistem Informasi Akademik (SIA), sehingga data mahasiswa cukup ditarik dari SIA.

Selain itu perpustakaan UB juga berbagai pengalaman bagaimana menumbuhkan minat kunjungan mahasiwa antara lain pertama harus mengetahui selera mahasiswa,  kedua WIFI perpustakaan harus lebih besar daripada di ruang lain, sehingga dapat menarik minat mahasiswa untuk datang berkunjung, mahasiswa diberikan keleluasaan untuk meminjam sehari          25 judul, penyelenggaraan pameran perpustakaan, kegiatan open house dengan makan bareng (mabar),  kerjasama dengan para dosen dengan menetapkan resources dalam mengerjakan tugas dosen berasal dari koleksi bahan pustaka perpustakaan, sosialisasi perpustakaan UB ke seluruh fakultas, Pop Up Librarian, promosi mulai fasilitas hingga produknya kepada mahasiswa, Pustakawan Penghubung Fakultas, yang bertugas melakukan interaksi dengan mahasiswa, dosen dan civitas akademika untuk memperkenalkan produk dan layanan perpustakaan.

Jumlah pegawai perpustakaan UB 65 orang dan 18 orang telah berstatus pejabat fungsional pustakawan. Pendapatan perpustakaan UB setahun kurang lebihnya 1,2 milyar diperoleh dari pembayaran registrasi mahasiswa, sumbangan alumni, denda keterlambatan pengembangan buku, layanan fotokopi, scan, dan cetak. Tak lupa kedua belah pihak saling memberikan cinderamata sebagai kenangan-kenangan. Kegiatan studi banding diakhiri dengan tour perpustakaan untuk lebih mengenai secara langsung jenis koleksi dan jenis layanan perpustakaan UB.

Related Posts:

Comments

oke oke

dannu purwanto, 21-10-2018 09:10