Berita

Berita Publik

Layanan Ekstensi Perpustakaan PIP Semarang

Layanan Ekstensi Perpustakaan PIP Semarang

Perpustakaan perguruan tinggi adalah perpustakaan yang terdapat pada perguruan tinggi dan berfungsi menyediakan dan menyebarluaskan informasi guna membantu perguruan tinggi tersebut mencapai tujuannya yakni Tri Dharma Perguruan Tinggi (pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat). Tujuan penyelenggaraan perpustakaan perguruan tinggi adalah untuk mendukung kinerja dari perguruan tinggi dalam menyelenggarakan pendidikan dengan menyediakan sumber-sumber informasi ilmiah bagi masyarakat perguruan tinggi tersebut agar pelaksanaan program kegiatan perguruan tinggi berjalan dengan lancar dan semakin berkualitas. Pada prinsipnya semua kegiatan yang dilakukan di perpustakaan ditujukan untuk pengguna perpustakaan. Kegiatan perpustakaan merupakan kegiatan layanan atau jasa.

Layanan yang tersedia di perpustakaan tentunya tidak hanya mencakup layanan sirkulasi, Pengembalian buku dan perpanjangan peminjaman serta layanan baca di tempat saja. Lebih luas lagi terdapat beberapa layanan yang seharusnya tersedia di perpustakaan sebagaimana tercantum dalam instrumen penilaian akreditasi diantaranya: Layanan sirkulasi, Baca di tempat, Informasi, Referensi, Konsultasi, Penelusuran, Literasi informasi, Penyediaan dokumen, Silang layan, Layanan ekstensi serta Layanan inovasi lainnya. Layanan ekstensi di perpustakaan adalah layanan yang diberikan kepada pengguna yang dilakukan diluar lingkungan lembaga atau instansi perpustakaan. Layanan ekstensi merupakan salah satu layanan yang bertujuan untuk menunjang tercapainya layanan prima dan memperluas jangkauan pelayanan perpustakaan.

Perpustakaan Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang kini menyediakan layanan ekstensi di Quayside Coffee Corner yang terletak di lingkungan Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang Jl. Singosari 2A gedung Beetlegeuse. Kini menikmati buku bisa ditemani kopi nikmat dan makanan yang menggugah selera. Tentunya diharapkan dengan adanya layanan ekstensi ini bisa menjangkau kebutuhan informasi pengguna Perpustakaan PIP Semarang namun menambah pengalaman membaca buku yang menyenangkan bagi pengguna. 

 

 

 

Related Posts:

Comments