Berita

Berita Publik

LITERASI INFORMASI BAGI TARUNA SEMESTER VII DALAM KEGIATAN MANTAPBINTAL

LITERASI INFORMASI BAGI TARUNA SEMESTER VII DALAM KEGIATAN MANTAPBINTAL

Senin, 11 September 2023 Perpustakaan PIP Semarang berkesempatan untuk memberikan paparan materi literasi informasi kepada taruna yang sedang menjalankan Masa Pemantapan Pembinaan Fisik dan Mental (Mantapbintal).

Paparan dibuka oleh Kepala Unit Perpustakaan dan Penerbitan, Alfi Maryati, S.H. Seluruh peserta diminta untuk mengisi pre test yang berisi pertanyaan seputar materi literasi informasi yang akan diberikan.

Peserta kegiatan yang merupakan taruna semester VII sebanyak 283 taruna ini mendapatkan materi mengenai literasi informasi oleh Rifni Raihana, S.Hum., M.Hum. Materi yang disampaikan antara lain keterampilan dalam menelusur informasi yang akurat, terbaru, dan legal. Selain itu paserta diperkenalkan juga dengan aplikasi reference manager (pengelola referensi daftar pustaka) yaitu Mendeley.

Selanjutnya, materi kedua mengenai penggunaan Layanan E-Journal dan E-Book serta Layanan Repositori disampaikan oleh Khalida Azrin, S.IIP. Layanan ini dapat menunjang referensi taruna dalam penyusunan skripsi mereka nantinya.

Di akhir kegiatan, peserta diminta kembali untuk mengisi post test sebagai evaluasi hasil penyampaian materi. Bagi peserta yang mendapat nilai post test dengan nilai sempurna mendapatkan suvenir dari tim Perpustakaan PIP Semarang.

Related Posts: