Berita

Berita Publik

PERWAKILAN PERPUSTAKAAN PIP SEMARANG IKUTI KPDI KE-14 TAHUN 2023 DI MALANG

PERWAKILAN PERPUSTAKAAN PIP SEMARANG IKUTI KPDI KE-14 TAHUN 2023 DI MALANG

Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia (KPDI) ke-14 digelar pada 9-11 Agustus 2023 di Hotel Atria Malang. Tema yang diangkat pada KPDI ke-14 ialah Menggalang Masa Depan melalui Preservasi Digital Pengetahuan Lokal Indonesia (Budaya, Pengetahuan, dan Pembelajaran). Kepala Unit Perpustakaan dan Penerbitan PIP Semarang, Alfi Maryati, S.H dan Sabtuti Martikasari, S.Hum hadir sebagai peserta, perwakilan dari Perpustakaan PIP Semarang.

 

Agenda hari pertama yaitu workshop dengan narasumber Prof. Ir. Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., MT., Ph.D dan Ida Fajar Priyanto, M.A., Ph.D yang menyampaikan materi tentang pengembangan teknologi dan kompetensi pustakawan di era teknologi Artificial Intelligence (AI).

 

Selanjutnya laporan dari Kepala Perpustakaan Universitas Brawijaya selaku ketua panitia KPDI Ke-13, Dr. Iwan Permadi, S.H., M.Hum. Sambutan dari Ketua Forum Perpustakaan Digital Indonesia, Prof. Dr. Jonner Hasugian, M.Si, sambutan dari Rektor Universitas Brawijaya, Prof. Widodo, S.Si., M.Si., Ph.D. Med.Sc kemudian dilanjutkan keynote speech dari Kepala Perpustakaan Nasional RI, Drs. Muhammad Syarif Bando, M.Si. Pembuakaan acara ditandai dengan pemukulan gong yang dilakukan oleh Kepala Perpustakaan Nasional RI yang didampingi Rektor Universitas Brawijaya, Ketua Forum Perpustakaan Digital Indonesia, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda kota Malang, dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Malang.

 

Agenda hari kedua yaitu paparan dari para peserta call for paper yang terpilih untuk melakukan paparan dan diskusi. Sebanyak 20 call for paper dari berbagai latar belakang peserta terpilih dari 96 paper yang masuk ke panitia. Di sela-sela paparan dari peserta call for paper disampaikan pula presentasi dari Ketua Suku Tengger yang menyampaikan tradisi upacara-upacara adat yang hingga saat ini masih dilakukan oleh Suku Tengger. Di sela kegiatan, perwakilan dari Perpustakaan PIP Semarang menyempatkan untuk melihat Perpustakaan Pusat Universitas Brawijaya.

 

Pada hari ketiga dilaksanakan kegiatan wisata Bromo Heritage dan Batu Heritage.

Related Posts: