Berita

Berita Publik

STUDI BANDING KE UT, PIP SEMARANG INGIN JAJAKI MANAJEMEN PENGELOLAAN PENERBITAN BAHAN AJAR

STUDI BANDING KE UT, PIP SEMARANG INGIN JAJAKI MANAJEMEN PENGELOLAAN PENERBITAN BAHAN AJAR

Dalam rangka pengembangan bidang penerbitan buku ajar atau modul diklat di lingkungan Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang dan pengembangan metode penyelenggaraan pendidikan serta pembelajaran di era digital saat ini, khususnya pengelolaan penerbitan buku bahan ajar dalam mendukung proses pembelajaran yang efektif dan adaptif, PIP Semarang melaksanakan kunjungan studi banding ke Kantor Pusat Universitas Terbuka (UT Press), Tangerang, Banten, Jumat (21/7).

 

Delegasi PIP Semarang yang diketuai oleh Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan Dr. Capt. Ilham Ashari, M.M., M.Mar., didampingi Ketua Prodi Teknika Amad Narto, M.Pd., M.Mar.E., Kepala Unit Perpustakaan dan Penerbitan Alfi Maryati, S.H., Pengelola Bahan Penerbitan Irawan, dan Pengelola Data Laporan Fransiscus Willy Anggoro, S.S.T.Pel., mendapatkan sambutan hangat oleh Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, Kerja Sama dan Bisnis Rahmat Budiman, Ph.D. beserta jajaran, di antaranya Kepala Pusat Perpustakaan dan Kearsipan Dr. Sri Sediyaningsih, M.Si., Manajer Data dan Sistem Informasi Bagus Arif Wicaksono, S.Kom., serta Staf Ahli Bidang Pemasaran, Kerja Sama, dan Kehumasan Dra. Ace Sriati Rachman, M.Si., di Ruang Sidang Wisma II Lantai Dasar.

 

Kolaborasi yang UT lakukan dengan berbagai institusi lain khususnya PIP Semarang memiliki tujuan utama yaitu bersama-sama menjaga dan mengembangkan kualitas pendidikan khususnya pada pengelolaan penerbitan buku ajar dan modul diklat, hal ini selaras dengan transformasi UT sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH).

Selain sesi diskusi, rombongan juga diajak berkeliling (Head Office Tour) ke Pusat Produksi Bahan Ajar Multimedia (P2BAM) untuk melihat bentuk layanan bahan ajar multimedia dan bentuk hasil pengembangan bahan ajar cetak UT. Selanjutnya, rombongan diajak menuju Pusat Layanan Bahan Ajar (Puslaba) untuk melihat proses pendistribusian bahan ajar.

 

Pada kesempatan terakhir, Dr. Ilham Ashari menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kesediaan Rektor dan Manajemen UT dalam memfasilitasi kegiatan studi banding dan berharap kerja sama pengembangan pendidikan dapat terus terjalin baik.

 

"Tentunya, segala informasi dapat menjadi tambahan informasi bagi strategi pengembangan, baik bahan ajar maupun pengelolaan perpustakaan dan penerbitan PIP Semarang berbasis digital," pungkas Ilham Ashari.

 

Sebelum ditutup, acara diakhiri dengan sesi pertukaran cendera mata dan dilanjutkan dengan foto bersama.

Related Posts: