Berita

Berita Publik

UNIT PERPUSTAKAAN DAN PENERBITAN PIP SEMARANG SELENGGARAKAN BIMTEK PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI

UNIT PERPUSTAKAAN DAN PENERBITAN PIP SEMARANG SELENGGARAKAN BIMTEK PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI

Merujuk Undang-undang Perpustakaan No. 43 Tahun 2007 (PNRI, 2007), Perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka. Salah satu jenis perpustakaan adalah perpustakaan perguruan tinggi yaitu perpustakaan yang terdapat di lingkungan perguruan tinggi, badan bawahannya, maupun lembaga yang berafiliasi dengan perguruan tinggi untuk mencapai tujuannya yaitu Tri Dharma Perguruan Tinggi. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang melalui Unit Perpustakaan dan Penerbitan, menggelar Bimbingan Teknis (bimtek) Pengelolaan Perpustakaan Perguruan Tinggi Dalam Rangka Capacity Building Bagi Pustakawan. Kegiatan dilaksanakan pada 17–21 Oktober 2022 di Ruang Pertemuan Dynamite Harris Hotel & Convention Solo.

Bimtek Pengelolaan Perpustakaan Perguruan Tinggi menghadirkan 3 orang narasumber dengan materi yang berbeda, yaitu Ibnu Fatkhan, S.IP. (System Librarian di Perpustakaan Pusat Kementerian Kelautan dan Perikanan) dengan materi Dasar-Dasar Perpustakaan; Iskandar, S.I.P (Kepala Perpustakaan Universitas Buddhi Dharma) dengan materi Jenis-Jenis Layanan Perpustakaan; dan Dwi Fajar Saputra, S.Sos., M.M (Praktisi bidang research data management dan tenaga pengajar di UPN Veteran Jakarta) dengan materi Perpustakaan Digital.

Kegiatan yang dihadiri oleh 41 peserta dari 18 UPT di bawah BPSDM Perhubungan ini dikemas menarik oleh panitia yang dipimpin Kepala Unit Perpustakaan dan Penerbitan PIP Semarang Alfi Maryati S.H., beserta pustakawan dengan memasukkan unsur permainan pada proses penyampaian materi menggunakan platform kahoot dan juga gimik yang membuat para peserta tetap antusias menerima materi yang sangat banyak dan dapat bertahan hingga akhir acara.

Acara ditutup secara resmi oleh Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan Dr. Capt. Ilham Ashari, S.Si.T., M.M., M.Mar., mewakili Direktur PIP Semarang secara daring dengan menyampaikan ucapan terima kasih kepada para narasumber yang telah membagikan ilmunya dan apresiasi kepada para peserta yang telah menyelesaikan kegiatan dengan baik, serta panitia yang telah mengawal kegiatan hingga tuntas. “Ini adalah kegiatan yang sangat banyak manfaatnya bagi pengelola perpustakaan, ke depan kami akan berupaya untuk terus melanjutkan kegiatan serupa dengan narasumber yang kompeten di bidangnya dan mengajak seluruh pengelola perpustakaan UPT di lingkungan BPSDM Perhubungan agar dapat maju bersama”.

Related Posts: