Berita

Berita Publik

WEBINAR MENYUSUN KARYA ILMIAH YANG BEBAS PLAGIAT

WEBINAR MENYUSUN KARYA ILMIAH YANG BEBAS PLAGIAT

Unit Perpustakaan dan Penerbitan bekerja sama dengan Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat PIP Semarang menyelenggarakan Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Terapan pada Jumat, 24 Juni 2022. 

Mengusung tema "Menyusun Karya Ilmiah yang Bebas Plagiat", kegiatan ini diikuti 190 peserta yang terdiri dari taruna, dosen, dan masyarakat umum. 

Dalam sambutannya, Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan, Capt. Anugrah Nur Prasetyo, M.Si. mengharapkan kegiatan ini dapat memberikan gambaran utuh bagaimana karya ilmiah bebas plagiasi. "Bagi taruna, kegiatan ini bermanfaat bukan hanya untuk keperluan skripsi, namun juga bermanfaat untuk artikel ilmiah lainnya di dunia internasional", ungkapnya. 

Kegiatan ini dipandu oleh Dr. Nur Rohmah, M.M. sebagai moderator dan pemaparan materi oleh narasumber Angga Pandu Wijaya, S.E., M.Sc. 

Dalam paparannya, Angga menyampaikan bahwa esensi parafrase merupakan pengungkapan kembali suatu tuturan menjadi tuturan lain tanpa mengubah pengertian. Beberapa strategi parafrase yang dapat digunakan yaitu  dengan mengubah tata bahasa, mengubah struktur kalimat, mengubah klausa atau frasa,  dan menggunakan sinonim kata. 

Pada akhir kegiatan dibuka kesempatan tanya jawab, peserta antusias mengajukan pertanyaan tentang parafrase dan turnitin.

Related Posts: