Berita

Berita Publik

SHARING KNOWLEDGE PEMANFAATAN SUMBER INFORMASI ELEKTRONIK DAN TIPS PUBLIKASI JURNAL

SHARING KNOWLEDGE PEMANFAATAN SUMBER INFORMASI ELEKTRONIK DAN TIPS PUBLIKASI JURNAL

Senin, 18 April 2022 Unit Perpustakaan dan Penerbitan PIP Semarang menyelenggarakan kegiatan sharing knowledge dengan tema Pemanfaatan Sumber Informasi Elektronik dan Tips Publikasi Jurnal secara daring.

Kegiatan sharing knowledge menghadirkan Noorika Retno Widuri yang merupakan Pustakawan Ahli Madya di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan kepada para peserta sharing knowledge tentang sumber-sumber elektronik dan meningkatkan keterampilan dalam menelusuri literatur khususnya e-resources untuk kepentingan penyusunan penelitian, serta menyampaikan tips publikasi jurnal baik jurnal nasional maupun jurnal bereputasi global.

Beberapa metode penelusuran yang disampaikan antara lain research rabbit, boolean operators yaitu penggunaan AND, OR, dan NOT untuk membatasi pencarian sehingga hasil pencarian yang didapat lebih efektif dan efisien, wildcard (truncation) yaitu teknik pemenggalan kata dengan menggunakan operator ? dan * di tengah atau akhir kata, exact phrase/phrase search yaitu penggunaan tanda petik “...” pada kata kunci untuk mempersempit hasil pencarian, menambang data dengan menggunakan aplikasi perangkat lunak publish or perish, dan lain-lain.  

Selain menyampaikan materi, para peserta juga ditunjukkan praktik cara akses penelusuran literatur dan tips menemukan jurnal bereputasi global yang cocok dengan topik penelitian.

Peserta kegiatan sebanyak 195 orang yang terdiri dari dosen dan taruna PIP Semarang, dosen dan tenaga kependidikan dari UPT lain di lingkungan Kementerian Perhubungan. Dipandu Indah Nurhidayati, M.Si sebagai moderator, kegiatan berjalan lancar hingga akhir yang ditutup dengan sesi tanya jawab.

Related Posts: