Berita

Berita Publik

KUNJUNGAN KERJA POLITEKNIK PEKERJAAN UMUM KE PERPUSTAKAAN PIP SEMARANG

KUNJUNGAN KERJA POLITEKNIK PEKERJAAN UMUM KE PERPUSTAKAAN PIP SEMARANG

Dalam rangka pengembangan perpustakaan di lingkungan Polteknik Pekerjaan Umum, pada tanggal 10 Agustus 2020 Politeknik Pekerjaan Umum mengadakan kunjungan kerja ke Perpustakaan Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. Peserta tiba pukul 09.30 WIB dan disambut oleh Pembantu Direktur I Bidang Akademik didampingi Kepala Unit Perpustakaan dan Penerbitan, Humas dan Kepala Unit Teknologi Informatika di ruang tamu Pudir. Rombongan Politeknik Pekerjaan Umum dipimpin Masrianto, Wakil Direktur II, beserta tim perpustakaan berjumlah 6 orang.

Setelah rombongan disambut di ruang tamu Pudir, kemudian pertemuan dilanjutkan di ruang  audio visual lantai 2 yang merupakan ruang audio visual sekaligus merupakan ruang diskusi perpustakaan Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang.  Politeknik Pekerjaan Umum yang diketuai oleh Masrianto menyampaikan maksud kunjungan kerja untuk mempelajari praktik pengelolaan perpustakaan. Politeknik Pekerjaan Umum merupakan perguruan tinggi negeri (PTN) baru di bawah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, yang mulai menjalankan operasional perkuliahan pada bulan September 2019.

Kepala Perpustakaan menyampaikan beberapa hal penting terkait pelayanan perpustakaan Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang mulai dari layanan, keanggotaan, pengembangan koleksi, kunjungan, dan manajemen perpustakaan.

Kemudian tanya jawab menjadi acara selanjutnya, banyak pertanyaan yang diajukan oleh Masrianto dan Raditya yang merupakan Ketua Unit Perpustakaan diantaranya banyak membahas tentang pengadaan e resources, pengadaan buku teks, hingga langkah-langkah persiapan akreditasi perpustakaan yaitu bagaimana upaya dalam persiapan pengajuan akreditasi perpustakaan?

Upaya yang dilakukan perpustakaan Politeknik Ilmu Pelayaran dalam persiapan akreditasi perpustakaan yaitu disamping dukungan dari manajemen Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang baik dari dalam bentuk moral maupun anggaran, seluruh pustakawan juga harus kerja keras untuk berinovasi memenuhi kebutuhan yang dipersyaratkan pada borang akreditasi perpustakaan dengan pendampingan dari perpustakaan nasional, sehingga kita dapat melakukan self assessment sebagai tolak ukur kesiapan dalam kegiatan akreditasi perpustakaan.

Setelah melakukan foto bersama dan saling menyerahkan cendera mata, untuk lebih memperjelas dan mendalami hasil studi banding, maka dilanjutkan dengan library tour ke semua bagian dan layanan di Unit Perpustakaan dan Penerbitan.

/assets/plugins/kcfinder/upload/files/foto%208.jpg

 

Related Posts: