Berita

Berita Publik

WORKSHOP PENINGKATAN PROFESIONALISME DOSEN DALAM MENULIS JURNAL ILMIAH

WORKSHOP PENINGKATAN PROFESIONALISME DOSEN DALAM MENULIS JURNAL ILMIAH

Bagi dosen, melakukan penelitian dan mempublikasikan hasil penelitian dalam bentuk jurnal ilmiah merupakan salah satu poin penting dalam menjalankan fungsi Tridharma Perguruan Tinggi. Kinerja dosen yang selanjutnya tentu saja berpengaruh pada kinerja perguruan tinggi sedikit banyak dipengaruhi kualitas karya ilmiah para dosen.

Oleh karenanya, pada hari Rabu dan Kamis, tanggal 26 dan 27 Februari 2020, Unit Perpustakaan dan Penerbitan PIP Semarang bekerjasama dengan Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat PIP Semarang menyelenggarakan kegiatan Workshop Peningkatan Profesionalisme Dosen Dalam Menulis Jurnal Ilmiah sebagai langkah awal untuk mendukung peningkatan kualitas publikasi.

Workshop diikuti 129 orang peserta yang merupakan dosen, calon dosen dan instruktur PIP Semarang yang dibagi menjadi dua kelompok masing-masing satu hari pelaksanaan kegiatan dengan narasumber dan materi yang sama. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kepadatan peserta sehingga materi yang disampaikan dapat lebih mudah dipahami oleh para peserta.

Kegiatan ini menghadirkan Prof. Wimpy Santosa, Ph.D sebagai narasumber, yang merupakan Ketua Penyunting Pelaksana Jurnal Transportasi Forum Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi (FSTPT). Materi yang disampaikan dibagi menjadi 4 sesi, pada sesi pertama, peserta diberikan pemahaman mengenai perbedaan antara artikel hasil pemikiran dengan artikel hasil penelitian. Seperti yang disampaikan oleh Prof. Wimpy, perbedaan dua jenis artikel tersebut terletak pada bahan dasar yang dikembangkan dan dituangkan dalam artikel. Bahan dasar dari artikel hasil pemikiran adalah hasil kajian atau analisis penulis atas suatu masalah sedangkan artikel hasil penelitian bahan dasarnya adalah pengembangan dari laporan teknis penelitian dengan tujuan utama untuk memperluas penyebarannya dan secara akumulatif (dengan peneliti lain) memperkaya khasanah pengetahuan tentang masalah yang diteliti.

Pada sesi kedua, materi yang disampaikan adalah mengenai cara menulis artikel ilmiah. Isi materi antara lain adalah penggunaan bahasa yang meliputi pola penyajian, karakteristik bahasa, ejaan, serta penggunaan kaidah bahasa yang benar atau baku, kemudian juga dijelaskan tentang pola penyajian artikel ilmiah.

Kemudian pada sesi ketiga, Prof. Wimpy menyampaikan materi tentang bagaimana cara menentukan topik penelitian dan kiat menembus jurnal, serta cara memilih dan mengindeks jurnal. Beberapa tips yang disampaikan oleh beliau agar artikel ilmiah dapat menembus jurnal diantaranya:

  1. Penelitian yang dilakukan dan menghasilkan artikel ilmiah harus asli, berkualitas, mutakhir, dan mempunyai manfaat yang tinggi.
  2. Penulisan artikel ilmiah harus mengikuti format dan gaya yang ditetapkan oleh pengelola jurnal.
  3. Artikel ilmiah yang ditulis harus didasarkan pada hasil penelitian yang diperoleh.
  4. Uraian bagian-bagian artikel ilmiah harus sistematis, ringkas, dan jelas.

Pada sesi materi workshop keempat, para peserta ditunjukkan contoh artikel ilmiah dan diperkenalkan bagaimana cara mencari judul jurnal nasional terakreditasi Dikbud melalui Shinta. Sesi materi dari Prof. Wimpy ditutup dengan sesi tanya jawab oleh peserta workshop yang nampak antusias dalam mengikuti kegiatan workshop ini.

Dalam rangka menuju Online Journal System yang akan dimulai pada bulan Oktober tahun 2020 ini,  tim dari P3M dan Unit Perpustakaan dan Penerbitan PIP Semarang mengajak para peserta kegiatan workshop untuk me-refresh kembali tentang bagaimana cara untuk submit artikel jurnal pada website Online Journal System PIP Semarang dipandu tim dari P3M dan Unit Perpustakaan dan Penerbitan PIP Semarang. -tika-

Related Posts: