Berita

Berita Publik

PERPUSTAKAAN DAN P3M PIP SEMARANG LAKUKAN STUDI BANDING PENGELOLAAN E-JOURNAL DAN PERPUSTAKAAN KE ITS DAN PENS

PERPUSTAKAAN DAN P3M PIP SEMARANG LAKUKAN STUDI BANDING PENGELOLAAN E-JOURNAL DAN PERPUSTAKAAN KE ITS DAN PENS

Unit Perpustakaan dan Penerbitan beserta P3M Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang pada hari Selasa s/d Kamis, tanggal 11 s/d 13 Februari 2020 melaksanakan kegiatan studi banding selama 3 (tiga) hari ke kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS).

Tujuan studi banding ini untuk memberikan kesempatan kepada kami para pengelola e-journal dan perpustakaan untuk menambah wawasan mengenai manajemen penyelenggaraan jurnal elektronik dan perpustakaan. Peserta studi banding terdiri dari Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Pustakawan, dan Unit Teknologi Informatika. Jumlah peserta sebanyak 9 orang diketuai oleh Kepala Pusat PPM PIP Semarang, H. Mustholiq, MM., M.Mar.E.

Kunjungan hari pertama pada hari Rabu 12 Februari 2020, pagi hari kami mengunjungi DRPM ITS. DRPM (Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat) ITS adalah lembaga yang mampu mengkristalisasikan penelitian dan pelayanan IPTEKS bertaraf internasional khususnya di bidang kelautan, Energi, dan Pemukiman untuk memberdayakan segala sumberdaya dan menjawab persoalan nyata di masyarakat. Kami disambut oleh Kepala Publikasi Ilmiah, Daniel O. Siahaan, S.Kom., M.Sc., PDEng beserta jajarannya di ruang sidang DRPM gedung riset center ITS Lt.5.

Di ITS terdapat 2 (dua) e-journal yaitu POMITS (Publikasi Online ITS) dan PPI (Pusat Publikasi Ilmiah).

  1. POMITS (Publikasi Online ITS) adalah media publikasi online dalam rangka mendorong budaya ilmiah yang baik di kalangan sivitas akademika, khususnya publikasi karya ilmiah.

Ada beberapa tujuan yang hendak dicapai melalui media publikasi online ini, yaitu:

  1. Peningkatan budaya publikasi ilmiah di kalangan civitas akademika.
  2. Penghargaan dan penghormatan atas karya intelektual.
  3. Menjadikan ITS sebagai salah satu rujukan pengembangan sains dan teknologi.

Kebanyakan artikel jurnal yang submit ke POMITS adalah artikel jurnal dari mahasiswa dikarenakan sebagai tempat latihan untuk menumbuhkan budaya ilmiah bagi mahasiswa, maka mahasiswa yang akan lulus diwajibkan membuat artikel jurnal dan disubmit ke POMITS.

  1. PPI (Pusat Publikasi Ilmiah) adalah situs web yang menampung semua jurnal akademik yang diterbitkan oleh departemen, fakultas, pusat penelitian, atau komunitas akademik di dalam Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Situs web ini dimaksudkan sebagai media untuk berkomunikasi antara para peneliti dan mempublikasikan hasil terbaru dari penelitian lanjutan. Artikel jurnal yang submit lebih fokus ke artikel jurnal yang benar-benar research. Dalam sistem aplikasi pengelolaan jurnal elektronik ITS, untuk artikel jurnal yang tidak dipublish akan masuk pada repository jurnal.

Siang harinya kami lanjutkan kunjungan ke perpustakaan ITS. Kami disambut hangat oleh Edy Suprayitno, SS., M.Hum selaku Kepala Perpustakaan ITS beserta jajarannya di ruang bibliotek Lt. 2 perpustakaan ITS.

Perpustakaan ITS merupakan suatu pusat sumber belajar berstandar internasional yang mendukung secara aktif menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi ITS menjadi World Class University.

Rencana strategis perpustakaan 2020-2024

  1. 2020 menjadikan Library Culture;
  2. 2021 menjadikan Library Digital Services;
  3. 2022 menjadikan Library Management & Resources;
  4. 2023 menjadikan Library International Environment;
  5. 2024 menjadikan Library Service for Research & Innovation; dan
  6. Goal menjadi pusat belajar dan rujukan berstandar internasional untuk mendukung ITS-WCU

Pada hari kedua, Kamis 13 Februari 2020, rombongan mengunjungi kampus Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Pada kesempatan tersebut, kami disambut oleh Kepala Pusat PPM PENS, Dr. Ir. Anang Tjahjono, MT beserta jajarannya di ruang rapat pasca sarjana lantai 1. Salah satu jurnal elektronik bereputasi internasional yang dikelola P3M PENS adalah EMITTER (International Journal of Engineering Technology). Penamaan EMITTER secara khusus diambil dari alat teknik komponen kelistrikan berupa rangkaian transistor, sehingga penamaan jurnalnya lebih spesifik ke bidang elektronika.

Jurnal EMITTER merupakan publikasi nomor 1 politeknik se-Indonesia, dikelola oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat PENS yang berada langsung di bawah Direktur yang diketuai oleh Dr. Ir. Anang Tjahjono, M.T.

PENS memiliki konferensi internasional (IYES) yang diselenggarakan rutin setiap tahun, dengan harapan setiap dosen PENS dapat melakukan publikasi. PENS sebagaimana ITS menerapkan diversifikasi penulis dan reviewer. Penulis minimal 2 institusi dan untuk auditor mencakup 5 negara 5 benua. Satu artikel minimal 2 reviewer dan maksimal 3 orang reviewer. Jangka waktu mereview maksimal 1 bulan dan proses 3 bulan hingga hasil akhir artikel diterima atau tidak.

Sedangkan dari pengelolaan perpustakaan, PENS memiliki tiga perpustakaan, yaitu perpustakaan pascasarjana, perpustakaan D4 dan perpustakaan D3. Tiap perpustakaan dikelola oleh satu koordinator dan satu admin.

Satu hal yang berbeda dari perpustakaan PENS yaitu mempunyai program kerja penyelenggaraan pengabdian kepada masyarakat, dan yang telah terlaksana berupa kegiatan story telling internet positif di taman baca kecamatan Mulyorejo Surabaya.

Dukungan perpustakaan PENS bagi mahasiswa dan dosen adalah secara rutin melanggan e-journal internasional. Anggaran langganan e journal setiap tahun kurang lebih 400 juta dari penerbit IEEI (subjek engineering, electronic dan computer science). Selain itu juga melanggan majalah dan koran dan pengadaan e book. -agus-

Related Posts: