Berita

Berita Publik

PENGUKUHAN KETUA PENGURUS DEWAN IKATAN PUSTAKAWAN INDONESIA - JAWA TENGAH

PENGUKUHAN KETUA PENGURUS DEWAN IKATAN PUSTAKAWAN INDONESIA - JAWA TENGAH

Dalam kesempatan ini penulis akan berbagi informasi dari kegiatan Musda PD IPI Provinsi Jawa Tengah yang diselenggarakan pada hari Selasa 4 Desember 2018 di Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah Jl. Sriwijaya 29 A Semarang untuk pemilihan PD Prov. Jawa Tengah periode 2018 - 2022 dengan hasil pemilihan Itmamudin, SS., M.IP sebagai ketua dan pada saat itu juga ketua PD IPI Provinsi Jawa Tengah di kukuhkan oleh ketua PP IPI Syamsul Bahri, SH., M.Si.

Ketua PP IPI mengharapkan ketua PD IPI Provinsi Jawa Tengah mengaktifkan peran dan kiprahnya dalam pengembangan perpustakaan di Provinsi Jawa Tengah, Meningkatkan peran organisasi PD IPI Provinsi Jawa Tengah dalam pelaksanaan UU Perpustakaan dengan pengembangan perpustakaan di Provinsi Jawa Tengah, juga untuk meningkatkan kompetensi Pustakawan (pengelola perpustakaan) di Jawa Tengah secara profesionalisme, sehingga untuk menumbuhkan semangat mencerdaskan masyarakat melalui layanan perpustakaan PD IPI Provinsi jawa Tengah berperan.

Tuntutan profesionalisme dalam memberikan layanan kepada masyarakat yang dibarengi dengan teknologi informasi. Perkembangan teknologi informasi (TI) membawa dampak bagi dunia perpustakaan. Satu sisi pemanfaatan teknologi informasi membawa kemudahan, tetapi di sisi lain menimbulkan kemalasan dan ketergantungan. Pustakawan sebagai penyedia informasi harus tanggap terhadap perubahan yang terjadi yaitu dengan melakukan reposisi terhadap perannya selama ini. Dalam menjalankan perannya sebagai pustakawan di abad TI, pustakawan harus mampu bertindak dalam penerapan teknologi informasi, yang mampu bereksperimentasi, membuat inovasi-inovasi baru, selalu sharing dan transfer informasi serta dapat memecahkan masalah secara sistematis.

Ketua PP IPI juga berharap kedepannya PD IPI Provinsi Jawa Tengah dapat menegakkan UU Perpustakaan di Provinsi Jawa Tengah dan memberikan solusi terbaik bagi pengembangan perpustakaan yang ada di Jawa Tengah, dalam pengelola perpustakaan memiliki sikap professional yang tinggi mengembangkan perpustakaan, sehingga masyarakat menjadi semakin cerdas dan kreatif. -agus-

Related Posts: