Berita

Berita Publik

PERPUSTAKAAN PIP SEMARANG SELENGGARAKAN PELATIHAN PEMANFAATAN TURNITIN BAGI DOSEN PEMBIMBING DI LINGKUNGAN PIP SEMARANG

PERPUSTAKAAN PIP SEMARANG SELENGGARAKAN PELATIHAN PEMANFAATAN TURNITIN BAGI DOSEN PEMBIMBING DI LINGKUNGAN PIP SEMARANG

Selasa, 5 November 2019, Perpustakaan Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang bekerjasama dengan iGroup (Asia Pacific) Ltd melaksanakan pelatihan pemanfaatan turnitin bagi Dosen Pembimbing karya ilmiah di lingkungan PIP Semarang.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Bagian Administarasi Akademik dan Ketarunaan PIP Semarang, Capt. Anugrah Nur Prasetyo, M.Si. Dalam sambutannya beliau mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Unit Perpustakaan dan Penerbitan PIP Semarang ini. Beliau berpesan kepada para peserta pelatihan untuk tidak takut terhadap alat cek plagiasi turnitin ini tetapi diharapkan dengan adanya aplikasi ini dapat menunjang peningkatan kualitas karya ilmiah yang dihasilkan oleh sivitas akademika PIP Semarang seperti yang menjadi tema dari kegiatan ini.

Seperti yang kita ketahui, dengan adanya kemajuan teknologi di era industri 4.0 saat ini Dosen dituntut untuk mengenal berbagai tool untuk meningkatkan kualitas karya ilmiah, antara lain mendeley, grammarly dan alat cek plagiasi yang disesuaikan dengan aturan dikti.

Berdasakan Surat Direktur Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti Kemenristekdikti Nomor 1753/D2/KP/2016, bahwa dalam rangka menjaga kualitas karya ilmiah usulan jabatan/pangkat dosen ke jenjang asisten ahli, lektor, lektor kepala dan profesor yang telah dilaksanakan secara online (daring), maka artikel di jurnal nasional dan internasional maupun paper di konferensi nasional dan internasional agar dilakukan pengecekan similiarity atau originality dengan menggunakan perangkat lunak, seperti turnitin yang dapat dipertanggungjawabkan. Mengacu edaran tersebut, dosen wajib mengecek artikel sebelum dipublikasikan ke jurnal ilmiah atau seminar ilmiah. Dosen dan taruna untuk mengunggah karya mereka ke dalam sistem, yang selanjutnya akan dipindai dan diperiksa orisinalistasnya dibandingkan dengan karya-karya lain yang telah dipublikasikan. Sebelum ujian, baik skripsi, thesis, disertasi dan karya ilmiah apapun harus diunggah dulu untuk similarity test.

Acara inti pelatihan disampaikan oleh Sastriyati, SE selaku Academic Sales Manager iGroup (Asia Pacific) Ltd dan Chris Ekalaya, S.IP. Para peserta diberikan pelatihan mulai dari cara membuat akun Turnitin untuk Dosen, cara mengunggah dokumen karya ilmiah untuk cek plagiasi dan cara membaca hasil cek plagiasi Turnitin.

Kegiatan yang dilaksanakan di lantai 3 GSG Balai Mas Pardi PIP Semarang ini dihadiri kurang lebih 41 peserta berjalan dengan lancar dan diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan dari iGroup (Asia Pacific) Ltd bagi penanya di sesi tanya jawab. -tika-

Related Posts: