Berita

Berita Publik

PUSTAKAWAN PIP SEMARANG IKUTI PERESMIAN GEDUNG SMART LIBRARY RUMAH ILMU UNNES BERSAMA MENRISTEKDIKTI

PUSTAKAWAN PIP SEMARANG IKUTI PERESMIAN GEDUNG SMART LIBRARY RUMAH ILMU UNNES BERSAMA MENRISTEKDIKTI

Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang berkesempatan untuk menghadiri undangan Peresmian Gedung Smart Library Rumah Ilmu UNNES pada hari Jumat tanggal 27 September 2019 di Kampus Sekaran Gunungpati Semarang. Peresmian gedung tersebut dihadiri oleh Kepala Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah, Ketua Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Jawa Tengah, Ketua Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) Jawa Tengah, Ketua Forum Kerjasama Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri (FKP2TN), dan Para Kepala Perpustakaan Perguruan Tinggi di Semarang dan sekitarnya.

 

Peresmian gedung tersebut dibuka oleh Rektor UNNES Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum yang dalam sambutannya mengatakan bahwa strategi utama perguruan tinggi dalam menghadapi perubahan era disrupsi antara lain adalah dengan meningkatkan literasi dan inovasi. Saat ini UNNES telah selesai membangun Gedung Smart Library Rumah Ilmu UNNES yang sebentar lagi akan diresmikan oleh Bapak Menristekdikti, semoga dengan gedung baru, semangat baru, literasi dan Inovasi UNNES akan semakin meningkat di era disrupsi ini.Oleh karena itu, mohon doa restu hadirin sekalian, semoga Smart Library Rumah Ilmu UNNES dapat menfasilitasi kebutuhan tersebut.

 

Acara tersebut diresmikan oleh Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D, Ak., dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam menghadapi revolusi industri 4.0, kita harus memperkuat literasi dalam bidang pendidikan tinggi, yaitu literasi data, literasi teknologi, dan literasi kemanusiaan. Mari  bersama kita terus tingkatkan literasi pendidikan tinggi agar reputasi menjulang tinggi. Harapannya kita dapat turut berperan aktif dalam memberi kontribusi positif untuk meraih kemajuan bangsa, dan mewujudkan masa depan yang lebih berkeadilan, damai dan sejahtera.

 

Dalam acara tersebut para undangan dipersilakan untuk mengunjungi dalam Gedung Smart Library Rumah Ilmu UNNES, dapat kami laporkan bahwa dalam Gedung Smart Library Rumah Ilmu UNNES telah ada fasilitas ruang baca yang lebih nyaman, sirkulasi udara dan pencahayaan yang lebih baik sehingga pemustaka/pengunjung perpustakaan merasa lebih nyaman dan betah di perpustakaan.

 

Adanya peningkatan teknologi informasi perpustakaan, antara lain dengan meningkatkan kecepatan internet untuk akses artikel ilmiah, dan mengembangkan layanan peminjaman mandiri (self check) berbasis teknologi RFID (Radio Frequency Identification). Selain fasilitas ruang dan teknologi, perpustakaan menyediakan layanan uji plagiasi gratis untuk civitas UNNES untuk memudahkan persetujuan ketika submit ke jurnal nasional maupun internasional yang terakreditasi.

Selain itu ada pula layanan writing center untuk membantu civitas UNNES dalam menggunakan reference manager, mencari referensi ilmiah, mencari jurnal bereputasi agar terhindar dari jurnal predator serta meningkatkan kualitas publikasi ilmiah UNNES. -agus-

Related Posts: