Berita

Berita Publik

PERPUSTAKAAN PIP SEMARANG KEMBALI SELENGGARAKAN PELATIHAN AKSES E-JOURNAL DAN E-BOOK

PERPUSTAKAAN PIP SEMARANG KEMBALI SELENGGARAKAN PELATIHAN AKSES E-JOURNAL DAN E-BOOK

Tahun ini perpustakaan PIP Semarang kembali melaksanakan salah satu program kerja yang sudah dirintis sejak tahun 2018 lalu, yaitu pengadaan e-journal dan e-book. Kali ini perpustakaan PIP Semarang melanggan e-journal dari penerbit Taylor & Francis dan Springer, sedangkan untuk e-book melanggan dari penerbit Taylor & Francis dan Emerald.

Seiring dengan terlaksananya pengadaan e-journal dan e-book tersebut, pada hari Rabu, 28 Agustus 2019 lalu, perpustakaan melaksanakan kegiatan pelatihan akses e-journal dan e-book dengan menghadirkan perwakilan dari penerbit-penerbit yang dilanggan perpustakaan PIP Semarang yaitu Asep Yaya Komara selaku Direktur Utama PT. Nuansa Elektrindo Tama, Ardy Chandra selaku E-Journals Representative Taylor and Francis Indonesia, dan Ririana selaku Sales Asistant Manager I-Group Asia Pacific Indonesia dengan peserta dari dosen dan instruktur serta taruna semester akhir PIP Semarang.

Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Wakil Direktur II, Sarifuddin, M.Pd., M.Mar.E.  Dalam sambutannya beliau menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan ini. E-journal dan e-book membantu taruna dan dosen untuk dapat memperoleh referensi data penelitian yang up to date. Beliau juga mengajak taruna dan dosen untuk memanfaatkan layanan perpustakaan yang terus berkembang seperti sekarang ini.

Alfi Maryati, SH selaku Kepala Unit Perpustakaan dan Penerbitan menyampaikan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini. Selain untuk memberikan pelatihan akses e-journal dan e-book, dalam kegiatan ini akan disampaikan pula cara submit artikel ke jurnal internasional.

Dalam kegiatan ini, peserta latihan diminta untuk membawa laptop untuk praktek langsung dalam mengakses e-journal dan e-book. Sesi pertama dijelaskan mengenai akses e-journal penerbit Springer dan e-book penerbit Emerald yang disampaikan oleh Ririana, kemudian sesi kedua dilanjutkan penjelasan oleh Ardy Chandra mengenai cara akses e-journal dan e-book penerbit Taylor & Francis. Kegiatan berlangsung interaktif dengan diselingi sesi tanya jawab dan ditutup dengan penyerahan cenderamata kepada para narasumber. -tika-

Related Posts: