Berita

Berita Publik

LAYANAN E-JOURNAL DAN E-BOOK UNIT PERPUSTAKAAN DAN PENERBITAN PIP SEMARANG

LAYANAN E-JOURNAL DAN E-BOOK UNIT PERPUSTAKAAN DAN PENERBITAN PIP SEMARANG

Perkembangan teknologi informasi terasa begitu pesat dalam kurun waktu 25 tahun ini. Produk teknologi tersebut telah merambah berbai sektor kehidupan dan berimbas pada pola hidup masyarakat saat ini. Hal tersebut dapat dilihat dari seringnya masyarakat yang membaca teks secara elektronik. Seperti yang dapat kita ketahui bahwa di negara-negara maju mayoritas pengguna perpustakaan (pemustaka) lebih senang menggunakan “electronic format” dari pada teks secara konvensional (printed materials). Kecenderungan pemustaka yang sudah mengikuti era digital ini menyebabkan revolusi digital pada perpustakaan yaitu dari sistem konvensional (tradisional) menuju sistem kontemporer (modern). Namun dalam perkembangan teknologi terdapat persoalan yang sering terjadi dalam mengembangkan sistem digitalisasi pada perpustakaan yaitu kualitas sumber daya manusia yang masih rendah dan sarana dan prasarana yang terbatas. Kondisi ini tentunya tidak menjadikan kita (pustakawan) menjadi pesimis, tidak bersemangat, dan putus asa. Perpustakaan dan pustakawan terus berusaha untuk mengoptimalkan, sumber daya manusia, sumber dana, dan fasilitas lain yang ada untuk meningkatkan layanan perpustakaan supaya perpustakaan dapat menjadi lembaga yang dapat memberikan sumbangsih bagi kemajuan pendidikan di Indonesia dengan mengikuti perkembangan teknologi menuju perpustakaan digital.

 

Menurut John Millard dalam journal “What is Digital Library”, IPSJ Journal Vol.37 No.9 tahun 1996 “libraries that are distinguished from information retrieval systems because they include more type of media, provide additional functionally and services, and include other stages of the information life cycle, from creation through use. Digital libraries can be viewed as a new form of information institution or as an extension of services libraries currently provide”  yang artinya bahwa sebuah perpustakaan  yang dibedakan berdasarkan sistem temu kembali informasinya, sebab perpustakaan ini mempunyai banyak model media yang dimasukkan kedalamnya yaitu menyediakan layanan, fungsi tambahan dan peningkatan masa hidup sebuah informasi, sejak informasi itu diciptakan  sampai informasi tersebut dimanfaatkan. Perpustakaan digital dapat dilihat sebagai bentuk baru dari institusi informasi atau sebuah perluasan dari pelayanan perpustakaan yang diberikan pada masa sekarang. Salah satu transformasinya adalah hadirnya layanan e-journal dan e-book sebagai media informasi digital yang banyak memberikan kemudahan. Layanan e-journal dan e-book dapat diakses secara online dengan mudah dan cepat selama 24 jam.

Saat ini Unit Perpustakaan dan Penerbitan Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang telah menyediakan layanan e-journal dan e-book. Layanan e-journal yang telah disediakan berisi publikasi ilmiah yang memuat informasi tentang hasil kegiatan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang mencakup kumpulan pengetahuan baru, pengamatan empiris, dan pengembangan gagasan pengetahuan dan teknologi. Terdapat 22 judul e-journal yang terdiri dari publishing Springer dan Taylor and Francis yang saat ini telah siap  untuk dimanfaatkan oleh pemustaka. Layanan e-journal sendiri berisi representasi elektronik dari sebuah buku yang biasanya diterbitkan dalam bentuk tercetak namun mengalami transformasi dalam bentuk digital. Untuk layanan e-book Unit Perpustakaan dan Penerbitan memiliki 87 judul yang seluruhnya dari publishing Science Direct dan Taylor and Francis.  

Dalam melakukan seleksi publishing tersebut unit Perpustakaan dan Penerbitan Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang telah melakukan diskusi dan pendalaman materi kepada dosen dan kaprodi mengenai materi apa saja yang dibutuhkan dalam memenuhi referensi pemustaka baik itu dosen, instruktur maupun pegawai. Kedepannya kami berharap Layanan e-journal dan e-book yang disediakan oleh Unit Perpustakaan dan Penerbitan dapat menjadi sumber informasi dengan menyediakan layanan penelusuran informasi yang cepat dan efisien serta dapat meningkatkan fungsi, pelayanan terbaik, serta dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin kepada seluruh civitas akademik di lingkungan Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang. -khalida-

Related Posts: