Berita

Berita Publik

PIP SEMARANG MENUJU OPEN JOURNAL SYSTEM

PIP SEMARANG MENUJU OPEN JOURNAL SYSTEM

Popularitas e-journal saat ini semakin menanjak dan ada berbagai cara orang untuk mendefinisikannya. Sebuah studi mendefinisikan e-journal sebagai “peer-reviewed journals available online, whether or not they are also available in conventional, printed form”. Definisi sederhana ini hanya menjadikan peer-review(isi jurnal dimuat setelah melalui saringan kalangan ilmuwan) sebagai patokan dan tidak peduli apakah jurnalnya tersedia atau tidak tersedia dalam bentuk cetak. Adapun salah satu sistem e-journal yang dapat diakses secara gratis yaitu Open Journal System (OJS)

 

Open Journal Systems atau (OJS) adalah sebuah sistem manajeman konten berbasis web yang khusus dibuat untuk menangani keseluruhan proses manajemen publikasi ilmiah dari proses callfor paperpeer review, hingga penerbitan dalam bentuk on-lineOpen Journal System (OJS) dikeluarkan oleh Public Knowledge Project dari Simon Fraser University dan berlisensi GNU General Public License.Open Journal System memudahkan peran pengelola jurnal, editor, reviewer, penulis, dan pembaca.

 

Open Journal System (OJS) merupakan solusi sumber terbuka untuk mengatur dan menerbitkan jurnal ilmiah secara on-lineOpen Journal System (OJS) merupakan sistem pengaturan dan penerbitan jurnal dengan tingkat pengoperasian yang sangat mudah dan dapat didownload secara gratis dan diinstal ke penyedia web lokal.

 

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) juga menyarankan adanya pengelolaan jurnal dengan berbasis open source. Hal ini untuk memudahkan jurnal-jurnal agar bisa terindeks Scopus. Seperti dilansir dalam laman web Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti, Kemenristekdikti menargetkan 100 jurnal terindeks Scopus hingga tahun 2019 ini.

 

Open Journal System (OJS) telah dirancang untuk mengurangi waktu dan tenaga yang disediakan untuk tugas-tugas penulisan dan pengelolaan yang berhubungan dengan mengedit sebuah jurnal sementara meningkatkan record-keeping dan efisiensi proses pengeditan. Open Journal System (OJS) dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas keilmiahan dan kualitas umum dalam penerbitan jurnal melalui sejumlah inovasi, dimulai dari pembuatan polis jurnal yang lebih transparan untuk meningkatkan indeks.

 

Dilatarbelakangi hal-hal tersebut di atas, maka pada hari Senin, 24 Juni 2019 lalu, Perpustakaan PIP Semarang mengundang Jasmadi, seorang praktisi dari CV. Oxy Consultant untuk memberikan paparan mengenai Open Journal System (OJS). Paparan dilakukan di hadapan jajaran Top management PIP Semarang, Kapus Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat dan staff, Ketua Program Studi Nautika, Teknika, dan Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan (KALK), Kepala Unit Teknologi Informatika dan Staf, Kepala Unit Perpustakaan dan Penerbitan, dan Pustakawan.

 

Isi paparan diantaranya adalah pengenalan mengenai OJS, serta penjelasan secara singkat mengenai cara instalasi dan setup OJS, persiapan penerbitan jurnal, proses pendaftaran hingga proses penerbitan jurnal dalam sistem OJS. Selain itu, Jasmadi juga menjelaskan juga mengenai portal web yang dibangun oleh Kemenristekdikti yang berisi tentang pengukuran kinerja Ilmu Pengetahuan dan teknologi yang diberi nama Science and Technology Index (SINTA). Sistem informasi penelitian berbasis web ini menawarkan akses mudah, cepat dan komprehensif untuk mengukur kinerja peneliti, lembaga, dan jurnal di Indonesia.

 

Kegiatan paparan berlangsung interaktif dengan adanya tanya jawab antara tamu undangan yang hadir dengan pemateri. Semoga kegiatan ini dapat menjadi langkah awal PIP Semarang dalam menuju OJS. Bravo PIP Semarang! - tika

 

Sumber:

raghibnuruddin237.blogspot.comI dan http://news-ejournal.blogspot.com

risbang.ristekdikti.go.id/publikasi

Related Posts: