Berita

Berita Publik

PERPUSTAKAAN PIP SEMARANG BERGABUNG DENGAN JURNAL RISTEKDIKTI

PERPUSTAKAAN PIP SEMARANG BERGABUNG DENGAN JURNAL RISTEKDIKTI

Sejak bulan Juni 2019 PIP Semarang merupakan salah satu perguruan tinggi yang mendapat jatah langganan akses database jurnal internasional. Sivitas akademika PIP Semarang telah memperoleh kesempatan untuk mengakses jurnal secara gratis dan fulltext dari artikel-artikel ilmiah yang mutakhir melalui databases e-journal Ebsco dan ProQuest. Sebelum memanfaatkan jurnal yang ada pengguna dapat mempelajari terlebih dahulu melalui link http://simlitabmas.ristekdikti.go.id/ejournal/Default.aspx. Penggunaan akses e-journal Ebsco dan ProQuest yang dilanggan oleh Ristekdikti harus memperhatikan ketentuan/etika dalam penyebarluasan username dan password. Distribusi hak akses tunduk pada ketentuan Ristekdikti sehingga username dan password harus terjaga dan terjamin kerahasiaanya dan hanya dapat digunakan oleh sivitas akademika PIP Semarang.

 

 Ebsco adalah e-journal database yang berpusat di Ipswich, USA yang menyediakan informasi bagi para peneliti, pengajar, dan mahasiswa dalam berbagai bidang ilmu. Cara mengaksesnya pun sangat mudah dengan mengetik link search.ebscohost.com, mengisi username dan password kemudian pengguna dapat memanfaatkan jurnal tersebut. ProQuest sendiri adalah database yang berisi sumber informasi berbagai disiplin ilmu baik full text, index dan abstrak dari jurnal ilmiah, tesis, disertasi dan terbitan lainnya. Proquest merupakan database jurnal yang mudah diakses dan sangat fleksibel. Waktu yang dibutuhkan untuk mendownload sebuah jurnal internasional tersebut tidak sampai lima menit. Cara mengaksesnya pun sangat mudah dengan mengetik link search.proquest.com, mengisi username dan password kemudian pengguna dapat memanfaatkan jurnal tersebut.

 

Jurnal yang kami langgan bertujuan untuk meningkatkan ragam referensi hasil penelitian dosen untuk menunjang penelitian, pendidikan, dan pengabdian kepada masyarakat. Keberadaan ragam literatur dan referensi diharapkan dapat meningkatkan penelitian dosen di lingkungan PIP Semarang.  Peningkatan publikasi ilmiah internasional dosen dan pengajar serta akan meningkatkan pula kualitas penelitian di Indonesia dan nama Indonesia di kancah internasional. (Khalida)

Related Posts: