Berita

Berita Publik

Library tour dan pembagian buku ajar taruna angkatan 60 PIP Semarang

Library tour dan pembagian buku ajar taruna angkatan 60 PIP Semarang

Perpustakaan merupakan sebuah wadah dalam institusi pendidikan yang berfungsi sebagai pusat pengetahuan, yang bertujuan memenuhi kebutuhan informasi mahasiswa dan civitas aacdemica lainnya. Perpustakaan perguruan tinggi dibangun dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan informasi bagi civitas academica, menyediakan bahan rujukan, menyediakan ruang belajar, menyediakan jasa peminjaman dan jasa informasi. Perpustakaan memiliki fungsi edukasi, deposit, penelitian, informasi dan rekreasi. Berdasarkan undang-undang No. 43 Tahun 2007 bahwa perpustakaan dibangun untuk memenuhi kebutuhan pendidikan, pelestarian, penelitian, informasi dan rekreasi.  Perpustakaan tidak akan diketahui oleh masyarakat luas bila perpustakaan tidak mengenalkan diri pada masyarakat.

Perpustakaan dapat mengadakan berbagai kegiatan agar bisa menarik minat masyarakat berkunjung ke perpustakaan salah satunya dengan mengadakan kegiaran library tour. Untuk memberikan pengenalan dan pemahaman terkait perpustakaan kepada taruna angkatan 60 yang baru bergabung ke Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Unit Perpustakaan dan Penerbitan Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang melaksanakan library tour sekaligus pembagian buku ajar. Buku ajar dibagikan kepada seluruh angkatan 60 dengan total 395 taruna.

Pembagian buku ajar dilaksanakan pada hari Kamis, 12 Oktober 2023 mulai pukul 07.15 hingga 09.30 WIB. Taruna datang ke perpustakaan dan melakukan presensi kemudian diarahkan untuk mengambil tas buku sesuai dengan program studinya. tas buku sudah diberikan kode warna biru untuk program studi nautika, merah untuk teknika, dan kuning untuk TALK. Pada saat pembagian buku, taruna diminta memeriksa satu per satu kesediaan dan kondisi buku yang diterima.  Di dalam tas buku terdapat checklist judul buku yang diterima taruna. Apabila taruna tidak menerima buku yang tertera di checklist atau ada kerusakan pada buku maka taruna bisa melapor ke pustakawan.

 Setelah buku yang diterima lengkap (sesuai dengan checklist) maka taruna mengisi tanda terima dan mengumpulkan checklist yang telah dituliskan data pribadi taruna. Pembagian buku ajar berlangsung lancar karena kerjasama yang cepat dari pustakawan. Untuk library tour dimulai sejak Senin, 16 Oktober 2023 dan hingga saat ini masih berlangsung. Kegiatan library tour diawali dengan pengenalan akses untuk buku elektronik terbitan PIP Semarang sekaligus pengenalan perpustakaan. Taruna diberikan pemahaman mengenai layanan perpustakaan, sarana dan prasarana perpustakaan, keanggotaan perpustakaan hingga tata tertib perpustakaan.

Related Posts: