Agenda Kegiatan

Agenda Kegiatan

STUDI BANDING PERPUSTAKAAN POLTEKKES KEMENKES SEMARANG KE PERPUSTAKAAN PIP SEMARANG

STUDI BANDING PERPUSTAKAAN POLTEKKES KEMENKES SEMARANG KE PERPUSTAKAAN PIP SEMARANG

Dalam rangka persiapan akreditasi perpustakaan di lingkungan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes Kemenkes) Semarang, pada tanggal 6 Oktober 2021 Poltekkes Kemenkes Semarang mengadakan studi banding ke Perpustakaan Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang. Peserta tiba pukul 08.30 WIB dan disambut oleh Wakil Direktur III F. Pambudi Widiatmaka, ST., MT. didampingi Kepala Unit Perpustakaan dan Penerbitan, Alfi Maryati, SH di Ruang Sidang Besar PIP Semarang. Rombongan Poltekkes Kemenkes Semarang dipimpin oleh Wakil Direktur III Poltekkes Kemenkes Semarang, Lutfhfi Rusyadi, SKM., MH.Kes., M.Si. dan didampingi oleh Kepala Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Semarang, Hariyanti, S.Sos., SS. dengan total peserta 23 orang. Tak hanya diikuti oleh pustakawan dari kampus pusat, turut hadir pula pustakawan dari kampus Poltekkes Kemenkes Semarang lain yang tersebar di beberapa lokasi, yaitu Kampus Pekalongan, Kampus Blora, Kampus Purwokerto, dan Kampus Magelang.

Pertemuan diawali dengan sambutan oleh Wadir III Poltekkes Kemenkes Semarang, Luthfi Rusyadi, SKM., MH. Kes., M.Si,. dan Kepala Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Semarang Hariyanti, S.Sos., SS yang menyampaikan maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan studi banding ini yang terkait dengan persiapan akreditasi yang akan dilaksanakan oleh Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Semarang karena Perpustakaan PIP Semarang telah terlebih dahulu melakukan akreditasi perpustakaan. Sambutan disampaikan pula oleh Wadir III PIP Semarang F. Pambudi Widiatmaka, ST., MT. Beliau berharap dengan adanya kegiatan ini akan ada manfaat yang didapat oleh kedua perpustakaan dan terjalin kerjasama yang baik antar perpustakaan perguruan tinggi yang berbeda kementerian.  

Memasuki acara inti kegiatan studi banding, acara diambil alih oleh Kepala Unit Perpustakaan dan Penerbitan PIP Semarang, Alfi Maryati, SH untuk memaparkan profil Unit Perpustakaan dan Penerbitan PIP Semarang dan dilanjutkan sesi tanya jawab dari tim pustakawan Poltekkes Kemenkes Semarang. Beberapa pertanyaan yang diajukan antara lain adalah bagaimana dan berapa lama proses akreditasi perpustakaan mulai dari pengajuan akreditasi ke Perpustakaan nasional RI hingga hasil akreditasi keluar, bagaimana memenuhi komponen akreditasi, dan  kendala yang dihadapi oleh Perpustakaan PIP Semarang selama proses akreditasi.

Kepala Unit Peprustakaan dan Penerbitan PIP Semarang menjelaskan bahwa upaya yang dilakukan Perpustakaan PIP Semarang dalam persiapan akreditasi perpustakaan tak lepas dari dukungan dari manajemen PIP Semarang baik dari dalam bentuk moral maupun anggaran, seluruh pustakawan juga saling bekerjasama untuk berinovasi menyiapkan kebutuhan yang dipersyaratkan pada instrumen akreditasi perpustakaan perguruan tinggi dengan pendampingan dari Perpustakaan Nasional RI, sehingga kita dapat melakukan self assessment sebagai tolak ukur kesiapan dalam kegiatan akreditasi perpustakaan.

Kegiatan diakhiri dengan kunjungan langsung ke Perpustakaan PIP Semarang di Gedung Serba Guna Balai Mas Pardi PIP Semarang.

Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi kedua perpustakaan dan Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Semarang bisa mendapatkan hasil akreditasi yang maksimal.

 

 

 

Related Posts: