Agenda Kegiatan

Agenda Kegiatan

WORKSHOP NASIONAL PUSTAKAWAN DI LINGKUNGAN BPSDM PERHUBUNGAN

WORKSHOP NASIONAL PUSTAKAWAN DI LINGKUNGAN BPSDM PERHUBUNGAN

Dalam rangka mengembangkan layanan perpustakaan yang memenuhi standar kualitas untuk akreditasi perpustakaan dan menambah jaringan bagi pustakawan, pada hari Sabtu, 14 Agustus 2021, perwakilan Pustakawan Unit Perpustakaan dan Penerbitan Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang mengikuti workshop nasional pustakawan yang diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta secara online.

Tema workshop yang diambil adalah “Peningkatan Kualitas Layanan dalam Pencapaian Standar dan Akreditasi Perpustakaan” dengan narasumber Drs. Supriyanto, M.Si Direktur Standarisasi dan Akreditasi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Kegiatan dimulai tepat pukul 09.00 WIB dibuka dengan sambutan dari Ketua STIP Jakarta, Amiruddin, MM lalu dilanjutkan dengan keynote speach oleh Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut, Capt. Sahattua PS Simatupang, MM., MH. Sahattua mengapresiasi kegiatan workshop pustakawan ini karena kegiatan ini baru pertama kali dilakukan di lingkungan sekolah di bawah BPSDM Perhubungan. Beliau juga berharap para pustakawan dan peserta workshop dapat menjadi agen perubahan paradigma perpustakaan dan dengan adanya akreditasi perpustakaan maka akan meningkatkan harga diri, kebanggan dan continuous improvement dalam perpustakaan.

Selain materi tentang perpustakaan perguruan tinggi dan pengelolaan perpustakaan untuk persiapan akreditasi, materi juga menitikberatkan tentang kerjasama perpustakaan mulai dari syarat, alur dan ketentuan teknis pengajuan kerjasama khususnya dengan Perpustakaan Nasional RI. Pemberian materi oleh narasumber diakhiri dengan sesi tanya jawab.

Di akhir kegiatan dilaksanakan sharing session antar UPT di bawah BPSDM Perhubungan terkait kendala di perpustakaan masing-masing UPT dan rencana pembuatan forum perpustakaan di llingkungan Kementerian Perhubungan.

Workshop diikuti kurang lebih 123 peserta dari UPT di bawah BPSDM Perhubungan baik matra darat, laut, dan udara.

Salam Literasi !

 

Related Posts: