Agenda Kegiatan

Agenda Kegiatan

PERPUSTAKAAN PIP SEMARANG SELENGGARAKAN LOMBA MENULIS OPINI PERPUSTAKAAN BAGI PARA TARUNA PIP SEMARANG

PERPUSTAKAAN PIP SEMARANG SELENGGARAKAN LOMBA MENULIS OPINI PERPUSTAKAAN BAGI PARA TARUNA PIP SEMARANG

Dalam rangka menyemarakkan Hari Pustakawan Nasional pada tanggal 7 Juli 2020, Unit Perpustakaan dan Penerbitan PIP Semarang menyelenggarakan Lomba Menulis Opini Perpustakaan dengan tema “Perpustakaan Impian Taruna Milenial”. Kegiatan lomba menulis ini merupakan salah satu inovasi baru program kerja Unit Perpustakaan dan Penerbitan di tahun 2020.

 

Tujuan dilaksanakan lomba adalah:

  1. Meningkatkan literasi di lingkungan PIP Semarang, khususnya bagi para tarun Seperti yang kita ketahui, kemampuan dan keterampilan menulis individu merupakan salah satu perangkat dalam berliterasi yang baik. Selain itu, untuk mendapatkan tulisan yang bagus, mau tidak mau mereka juga akan membaca untuk mendapatkan referensi untuk mendukung tulisannya. Diharapkan dengan adanya lomba ini dapat menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran berliterasi di kalangan taruna PIP Semarang.
  2. Merangsang kemampuan menyampaikan ide atau gagasan.
  3. Mengetahui bagaimana perpustakaan yang diinginkan oleh para taruna PIP Semarang.  

 

Juri lomba menulis opini perpustakaan yaitu Alfi Maryati, SH, Yozar Firdaus Amrullah, SS., M.Hum, Khaira Dewi, M.Si, Latifa Ika Sari, S.Psi., M.Pd, dan Okvita Wahyuni, S.ST., MM. Aspek yang dinilai meliputi: orisinalitas meliputi ide yang bersifat asli, belum pernah dipublikasikan, dan similiarity. Semua artikel yang masuk ke panitia sudah dilakukan cek plagiasi menggunakan aplikasi Turnitin sebelum diserahkan kepada tim penilai; kesesuaian tema; kedalaman opini, yang dimaksud dalam poin kedalaman opini meliputi, kedalaman eksplorasi opini, ruang lingkup positif (memiliki sifat promotif dan persuasif), serta faktual dan relevan; kemudian aspek terakhir adalah manfaat, apakah opini tersebut memberi pengaruh positif serta memberikan value atau tidak.

Hasil penilaian diumumkan bertepatan dengan Hari Perhubungan nasional pada 17 September 2020 di Ruang Perpustakaan 2, Perpustakaan PIP Semarang dengan nama-nama juara beserta hadiah sebagai berikut:

  1. Juara I, Taruni Syafira Nursyufana dengan judul artikel “Perpustakaan Ruang Eksplorasi Taruna”, mendapatkan bantuan pendidikan sebesar Rp 500.000,- + Sertifikat + Souvenir;
  2. Juara II, Taruni Ronaldo Krisman Purba dengan judul artikel “Milenial dan Perpustakaan Digital”, mendapatkan bantuan pendidikan sebesar Rp 350.000,- + Sertifikat + Souvenir;
  3. Juara III, Taruni Liana Ayu Katriani dengan judul artikel “Suasana Nyaman”, mendapatkan bantuan pendidikan sebesar Rp 250.000,- + Sertifikat + Souvenir

Ketiga artikel tersebut dimuat pada rubrik Serba Serbi Buletin Cakra Samodra Edisi Ketiga Tahun 2020.

Selain penyerahan hadiah, mereka juga mendapatkan masukan dan tips-tips menulis dari dewan juri yang hadir agar ke depannya mereka mampu mengembangkan minat dan bakat menulis. Semoga kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara rutin oleh Unit Perpustakaan dan Penerbitan. Salam Literasi!

Related Posts: